4 Bagian Mobil Yang Wajib Check Sebelum Menembus Hujan

TREVO Stories ID - Kapan pun, Dimana pun
source gambar : stories.trevo.id

Hujan merupakan peristiwa alam yang kerap terjadi. Terutama di Indonesia dengan curah hujan yang cukup tinggi. Intensitas hujan yang tinggi membuat kamu sudah terbiasa berkendara ditengah hujan, terkadang. Meskipun bisa melalui hujan dengan baik, namun berkendara yang aman sendiri ditengah hujan adalah dengan memperhatikan kondisi mobil yang dikendarai agar tidak selip ataupun sulit melakukan manuver. Terlebih bila menggunakan car sharing yang membutuhkan tanggung jawab tinggi.

Meski sering berkendara ditengah hujan, hanya beberapa orang saja yang paham cara menggunakan kendaraan roda empat di tengah kondisi hujan dengan tepat. Ternyata, berkendara saat banyak genangan air membutuhkan perhatian ekstra. Bahkan kamu dianjurkan untuk checking performa unit kendaraan dengan baik agar aman berkendara. Sebab itu, saat menggunakan car sharing  tentunya jangan lupa tanya seputar kondisi unit kendaraan yang akan digunakan.

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membantu kamu lebih aman mengemudikan mobil di jalan raya. Berikut beberapa tipsnya :

  • Ban dalam kondisi baik

Dalam menggunakan kendaraan roda empat, kamu dianjurkan menggunakan ban mobil dengan kondisi yang baik dan sesuai. Ban mobil baik mobil pribadi maupun car sharing dianjurkan untuk memiliki ketebalan satu telapak tangan dari ring ban. Hal ini dilakukan untuk menghindari ban mobil tenggelam dalam air genangan dan mempermudah air masuk mesin.

  • Tekanan angin dalam ban cukup

Ban yang dianjurkan digunakan untuk melintasi genangan air adalah ban yang memiliki udara yang tepat sesuai anjuran penggunaan dan tidak terlalu keras maupun lunak. Nah, ban tipe ini akan cocok menemani kamu dalam berkendara kemanapun.

  • Kondisi wiper baik

Wiper menjadi alat yang penting saat hujan tiba. Dalam memperluas pandangan saat hujan, wiper dianjurkan digunakan. Sebab itu, kondisi wiper perlu di check berkala dan memiliki kondisi yang bersih.

  • Lampu mobil berfungsi dengan baik

Ketika hujan, jarak pandang menjadi terbatas. Langit yang mendung dan curah hujan menjadi faktor yang baik dalam memperpendek jarak pandang. Sebab itu, lampu mobil harus dalam kondisi baik untuk meminimalisir kecelakaan karena kendaraan lain tidak melihat kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *