5 Hal yang Harus Dicek dari Pinjaman Online Cepat Cair Terbaru

Alt Text for Image: pinjaman online cepat cair terbaru

Makin hari, makin banyak pinjaman online cepat cair terbaru yang bermunculan. Biasanya, sebagai fintech baru, banyak juga promosi yang secara masif ditawarkan. Mulai dari syaratnya yang super mudah, promo bunga, promo angsuran, cashback, dan masih banyak lagi. Promo ini bisa ditawarkan lewat bermacam-macam platform, seperti SMS, chat di WhatsApp, media sosial, iklan di Google atau Facebook, hingga telepon. 

Nah, karena statusnya yang “terbaru”, fintech pinjaman online ini juga perlu dicek beberapa hal pentingnya. Terutama jika kamu memang tertarik daftar dan mengajukan pinjaman. Selain memastikan bahwa pinjaman online cepat cair terbaru ini aman, pengecekan dilakukan juga untuk melihat jenis pinjaman yang ditawarkan apakah sesuai dengan kebutuhanmu atau tidak. 

Lalu, apa aja sih yang wajib dicek dari pinjaman online cepat cair terbaru? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Legalitas pinjaman online cepat cair terbaru: Izin & Terdaftar di OJK

Yang wajib pertama kali dicek adalah legalitas dari pinjaman online tersebut. Apakah sudah memiliki izin dan terdaftar di OJK? Biasanya, logo OJK akan otomatis ditampilkan baik di situs atau aplikasi pinjaman online terbaru yang sudah memiliki izin. Tapi, supaya lebih yakin dan terhindar dari tipu-tipu, kamu bisa mengeceknya langsung di situs OJK. 

Secara rutin, OJK kerap merilis data nama-nama fintech yang sudah berizin dan beroperasi. Kamu bisa mencarinya di situs OJK dan mengecek nama aplikasi atau PT dari fintech yang ingin kamu gunakan. 

Regulasinya: jenis pinjaman, bunga, tenor, dan denda

Jika benar sudah terdaftar di OJK, artinya pertanda baik. Maka, kamu bisa lanjut ke pengecekan berikutnya yaitu regulasi pinjaman yang ditawarkan fintech terbaru tersebut. Mulai dari jenis pinjaman (produktif atau konsumtif), bunga, tenor, hingga denda-dendanya. 

Sebuah fintech yang baik, biasanya akan transparan dalam memberikan informasi perihal plafon pinjaman, bunga, tenor, dan dendanya. Salah satunya Kredivo yang sudah beroperasi sejak tahun 2017. 

Di mana pinjaman di Kredivo suku bunganya hanya 2,6% per bulan dengan pilihan tenor pinjaman mulai 1 bulan, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan. 

Pengguna Kredivo dapat mengajukan pinjaman mulai dari 500 ribu sampai jutaan rupiah, tergantung jumlah limit yang dimiliki. Dalam websitenya, Kredivo juga memberikan informasi bahwa ada bunga keterlambatan 4% per 30 hari serta biaya keterlambatan 6% per 30 hari apabila kamu telat melakukan pembayaran pinjaman. 

Dengan informasi yang transparan seperti ini, tentu akan membantu pengguna memutuskan mau menggunakan layanannya atau tidak. Jika menggunakan, maka otomatis pengguna sudah dianggap menyetujui peraturan yang berlaku. 

Sebaiknya, hindari menggunakan aplikasi pinjaman online cepat cair terbaru yang tidak bisa ditemukan info pinjaman, bunga, tenor, dan sejenisnya sebab ini akan berpotensi merugikan kamu di kemudian hari. 

Izin yang diminta ke smartphone sebelum diunduh

Maraknya fintech yang menghubungi kontak nasabahnya untuk penagihan tentu membuat takut dan khawatir banyak orang untuk menggunakan pinjaman online. Hal tersebut terjadi, karena tanpa disadari atau tidak, aplikasi fintech sudah meminta izin di awal sebelum di-download pengguna. Sayangnya, banyak pengguna mungkin tidak menyadari hal ini. 

Sekarang, hal tersebut bisa dicegah dengan cara mengecek bagian “Permissions” atau “Izin” di bagian bawah laman aplikasi fintech di Google Play Store. Di bagian tersebut, kamu bisa mengetahui dengan mudah, izin akses apa saja yang diminta aplikasi fintech ke smartphone-mu. Jika keberatan, misalnya ada izin akses kontak, maka kamu bisa membatalkan niat untuk mendownload aplikasi tersebut dan mencari aplikasi lainnya yang sesuai. 

Pengalaman, rating, dan ulasan pengguna

Untuk menambah keyakinanmu, kamu juga bisa mengecek pengalaman, rating, dan ulasan pengguna lain dari aplikasi fintech terbaru di laman Google Play Store atau App Storenya. Tapi, harap berhati-hati dengan komentar “palsu”, ya. Sebab, aplikasi fintech baru umumnya belum memiliki banyak download dan ulasan dari pengguna. Sebagai alternatifnya, kamu juga bisa melihat cerita atau pengalaman orang di Google/blog atau Youtube. 

Kontak Tim CS

Terakhir, tapi nggak kalah pentingnya adalah informasi kontak Tim CS yang bisa dihubungi dari pinjaman online cepat cair terbaru. Informasi ini bisa dengan mudah kamu temukan di website atau aplikasi pinjaman online. Mulai dari live chat, WhatsApp, email, nomor telepon, sampai akun media sosial. 

Kamu bisa mencoba menghubungi satu per satu kontak tersebut untuk melihat bagaimana respon dari Tim CS aplikasi terkait. Apakah cepat? Lambat? Atau tidak ada respon? Sebab, Tim CS adalah pihak yang akan pertama kali kamu hubungi jika ada kendala pada proses atau pinjaman. Makin cepat respon Tim CS, tentunya akan makin baik. Dan sebaliknya, makin lambat atau bahkan tidak ada respon, sebaiknya pertimbangkan untuk cari aplikasi pinjaman lain, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *