Berikut beberapa kalimat yang harus dihindari ketika sedang berdoa, simak!

2 Doa Bangun Tidur dan Artinya yang Mudah Dihafal
source gambar : penaungu.com

Ketika berbicara kepada yang lebih tua bahkan anak kecil sekalipun maka kita diajarkan untuk bertutur kata yang sopan, begitulah cara Islam menghargai yang seseorang. jika dengan orang sesame manusia saja kita diajarkan untuk bertutur kata yang baikm tentu ketika kita berdoa kepada Allah SWT juga harus dengan sikap yang baik dan rendah diri.

Sebagai manusia tentu kita pernah memohon kepada Allah SWT dengan berdoa seprti minta doa kesembuhan dari penyakit, meminta rejeki yang lebih, doa bangun tidur dan masih banyak lagi. Tetapi pernahkah kalian berpikir bahwa ada beberapa kalimat yang tidak boleh diucapkan ketika berdoa? Maka dari itu kali ini kami akan memberikan informasi seputar beberapa kalimat yang harus dihindari ketika berdoa sebagai berikut.

Kalimat Yang Harus Dihindari Ketika Berdoa

“Ya Allah, Perkenankanlah kami memohon untuk diberikan istri yang cantik, mobil,dan rumah.”

“Ya Allah, Jika Engkau berkenan kabulkanlah doa ku ya Allah”

Mungkin kebanyakan dari kita berpikir bahwa doa di atas adalah doa yang wajar-wajar saja untuk dipanjatkan. Padahal yang terjadi sebenarnya doa tersebut tidak dianjurkan untuk diucapkan dan ada baiknya untuk menghindari kalimat-kalimat seperti di atas. Nabi Muhammad SAW juga menyampaikan perihal perkara tersebut dimana kalimat tersebut adalah kalimat yang tidak disukai oleh Allah SWT. Terdapat hadist yang membahas perkara tersebut yaitu :

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang dari kalian bedoa, hendaklah ia sungguh-sungguh dalam memohon dan janganlah ia mengucapkan, ‘Ya Allah jika Engkau berkenan maka berilah aku’. Karena sesungguhnya tidak ada yang dapat memaksa-Nya.” (HR Bukhari)

Dalam hadist tersebut sudah tertera jelas bahwa ada kalimat-kalimat yang memang tidak disukai Allah SWT sebagai Dzat yang maha besar dan Rasulullah SAW pun telah menyampaikan dalam sebuah hadist. Baahkan seorang ahli tafsir yaitu Ibnu Abdil Barr mengatakan bahwa, kalimat “Jika Engkau berkenan” memang harus dihindari ketika berdoa.

Hal itu dilakukan bukan tidak memiliki alasan melainkan, kalimat tersebut merupakan suatu paksaan agar Allah mengabulkan doa tersebut padahal tidak ada yang dapat memaksa kehendak Allah untuk segala sesuatu. Kita pula sudah mengetahui bahwa Allah SWT hanya melakukan apa yang ia kehendaki dan ketika hambanya berdoa maka hanya Allah pula yang dapat mengabulkan doa atas kehendak-Nya.

Ada pun dalil lain yang menyebutkan bahwa kalimat seperti di atas memang harus dihindari yaitu :

“Ya Allah ampunilah aku jika Engaku berkenan. Ya Allah rahmatilah aku jika Engkau berkenan”. Tapi hendaknya ia sungguh-sungguh dalam memohon karena sesungguhnya tidak ada yang dapat memaksa-Nya.” (HR Bukhari).

Lebih dari sekedar harus dihindari bahkan Ibnu Abdil Barr juga mengatakan bahwa kata seperti “Jika Engkau berkenan” hukumnya haram ketika seorang hamba menggunakannya sewaktu ia berdoa. Namun pendapat lain yaitu dari Imam Nawawi mengatakan bahwa, kata tersebut hukumnya makruh.

Terlepas dari kuat dan lemahnya hukum tersebut ada baiknya kita menghindari kata-kata tersebut dalam berdoadan kita bisa mengganti kalimat yang lebih pantas untuk disampaikan kepada Allah. Jangan lupa pula untuk selalu bersungguh-sungguh dalam berdoa sebab, bisa jadi kita hanya berdoa menurut ego kita masing-masing saja.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar beberapa kalimat yang harus dihindari ketika sedang berdoa. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan, terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *