Ini Mukjizat Nabi Nuh AS : Membuat Kapal Besar Dari Kayu Penyelamat Kaum Yang Beriman

Nabi Nuh merupakan keturunan kesepuluh Nabi Adam AS. Dia adalah nabi yang berada diurutan ketiga setelah Nabi Adam dan Nabi Idris. Nama Nabi Nuh AS disebutkan 43 kali dalam 28 surat di Al Quran.

Dia dikenal sebagai sosok yang fasih dan tegas dalam berbicara, salih, rendah hati, bijaksana, dan juga sabar. Selain itu, dia juga dikenal sebagai sosok yang selalu membela dan melindungi kaum yang lemah, miskin, dan tertindas.

Karena sifat – sifat terpuji itulah, Allah SWT memberi Nabi Nuh AS gelar Ulul Azmi, gelar kenabian istimewa yang diberikan pada para rasul. Pemberian gelar tersebut tidak terlepas dari ketabahan dan kesabarannya yang luar biasa dalam berdakwah dan menghadapi kaum kafir.

Kaum Nabi Nuh AS terkenal zalim dan sewenang – wenang. Kaumnya juga terkenal lebih suka menyembah berhala. Namun, dia tidak pantang menyerah, Nabi Nuh AS yakin bahwa Allah SWT akan menolongnya.

Allah SWT pun menjawab doa Nabi Nuh AS dengan menurunkan mukjizat Nabi Nuh AS. Lantas, mukjizat Nabi Nuh AS itu apa? Untuk mengetahuinya, simak kisah selengkapnya dibawah ini :

  • Nabi Nuh AS Berdakwah Selama 950 Tahun

Nabi Nuh AS diutus oleh Allah SWT untuk kaum Armenia. Kaum tersebut merupakan orang – orang yang sesat dari jalan Allah SWT. Penduduk Armenia lebih suka menyembah berhala dan percaya bahwa benda mati tersebut dapat memberikan pertolongan kepada mereka.

Melihat kondisi tersebut, Nabi Nuh AS pun dengan kesabarannya terus mengajak kaum Armenia tersebut untuk kembali kepada Allah SWT. Dia berjuang menyerukan agama tauhid kepada mereka selama 950 tahun.

Namun sayang, perjuangan Nabi Nuh AS itu tidak membuahkan hasil. Dakwahnya yang selama ratusan tahun itu hanya berhasil diterima oleh sebagian kecil kaum Armenia, sedangkan sisanya masih terjerumus dalam kemaksiatan dan kemungkaran. Bahkan, Nabi Nuh AS dihina dan diejek oleh mereka, tidak percaya jika orang biasa sepertinya merupakan utusan Allah SWT.

  • Mukjizat Nabi Nuh AS : Membuat Kapal Besar
Mukjizat Nabi Nuh, Buat Kapal Besar hingga Namanya Dipuji Semua Makhluk
source gambar : inews.id

Nabi Nuh AS sangat sedih dengan sikap kaum Armenia tersebut. Dia pun segera berdoa memohon pertolongan Allah SWT untuk membantu menyelamatkan kaum Armenia dari kekafiran.

Allah SWT pun mengabulkan doa Nabi Nuh AS. Dia diperintah oleh Allah SWT untuk membuat bahtera atau perahu besar. Kemudian Nabi Nuh As pun menjalankan perintah Allah SWT tersebut. Dia membuat sebuah kapal besar dari kayu bersama kaumnya yang beriman. Hingga akhirnya, kapal besar dari kayu itupun selesai dibuat. Bentuknya sempurna dan sangat besar sehingga dapat menampung banyak barang bawaan.

Sementara itu, kaum yang tidak beriman tetap tidak percaya padanya. Mereka terus – terusan mencemooh dan mengejek Nabi Nuh AS. Apalagi saat Dia mengumpulkan para pengikutnya untuk beramai – ramai naik ke kapal sambil membawa berbagai jenis makanan dan binatang yang berpasang – pasangan jantan dan betina.

Mereka terus – terusan mengejek dan tidak menyadari bahwa langit mulai mendung, pertanda akan segera turun hujan lebat. Tak lama kemudian, hujan pun turun dengan sangat lebatnya. Air hujan membanjiri bumi dengan sangat cepat. Semakin lama air pun semakin tinggi hingga menenggelamkan rumah dan orang – orang yang berada diluar kapal Nabi Nuh AS, termasuk juga istri dan anaknya, Kan’an yang memang menolak ikut naik keatas kapal.

Nabi Nuh AS tentunya sangat sedih, namun dia tetap menerima keputusan Allah SWT. Beberapa hari setelah itu, hujan pun berhenti mengguyur bumi, langit kembali cerah dan banjir mulai surut. Dia pun mengentikan kapal di suatu tempat, lalu turun bersama para pengikutnya serta binatang dan barang – barang bawaannya.

Kemudian, mereka membangun sebuah perkampungan baru dan bermukim disana. Anak cucu pengikut Nabi Nuh AS hidup bahagia bersama anak dan juga istri mereka yang salih dan salihah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *